Yayasan Mentari Meraki Asa Gelar Screening TBC di Hari Tuberkulosis Sedunia

Selasa, 14 Mei 2024 – 18:54 WIB

VIVA Lifestyle – Yayasan Mentari Meraki Asa kembali menggelar kegiatan screening kesehatan dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia. Acara yang bertemakan “Society 5.0: Menciptakan Masyarakat yang Sadar dan Peduli akan Kesehatan, Terutama TBC di Era Milenial” ini bekerja sama dengan Bakrie Center Foundation dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), serta didukung oleh PT Bakrie Sumatra Plantations, Tbk.

Baca Juga :

Heru Budi Ingatkan Petugas Kesehatan Jangan Tolak Pasien TBC dari Luar Jakarta

Warga Kecamatan Namorambe, khususnya dari Desa Kuta Tengah dan Desa Jati Kusuma, tampak antusias mengikuti kegiatan screening ini. Banyak dari mereka yang berkonsultasi langsung dengan para konsultan kesehatan yang hadir. Scroll lebih lanjut ya.

Baca Juga :

Kasus TBC di DKI Cukup Tinggi, Heru Budi Minta Camat Hingga Lurah Turun

Acara ini turut dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh penting, antara lain Japirman Purba selaku Wasor TB dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, CEO Bakrie Center Foundation Jimmy Gani, Bapak Febri E Gurusinga S.STP, M.SP yang mewakili Camat Namorambe, Ketua Yayasan Mentari Meraki Asa Ahmad Hakiki M.I.Kom, dan SR Manager Yayasan Mentari Meraki Asa Sri Maharani Arfiani, SE, M.Ak.

Selain itu, sesi talkshow menghadirkan tiga narasumber: Kris Harmedi Nainggolan, penyintas TBC MDR yang kini bekerja sebagai Pasien Supporter di SR Yayasan Mentari Meraki Asa, dr. Dina Savitri, Dokter Champion Puskesmas Namorambe, dan Japirman Purba. Mereka memberikan motivasi dan pengetahuan mengenai gejala TBC, pentingnya menjaga pola hidup sehat, serta upaya mengurangi stigma TBC di masyarakat. Fasilitas yang disediakan meliputi screening TBC, tes gula darah, pengukuran tinggi badan, dan berat badan.

Baca Juga  Jokowi Wanti-wanti KPU: Teledor Teknis Berimplikasi Politis

Baca Juga :

Indonesia Penyumbang Kasus TBC Terbesar Kedua Setelah India, Miris!

Yayasan Mentari Meraki Asa Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia

Pada acara ini, Yayasan Mentari Meraki Asa juga memperkenalkan inovasi terbaru berupa website https://www.skrining.merakiasa.com/. Website ini telah disesuaikan dengan aturan pencatatan pelaporan 16K Kementerian Kesehatan dan bertujuan untuk mempermudah kader dalam mendata pasien yang memiliki gejala TBC. Peresmian website serta keseluruhan kegiatan ini didukung oleh TB Rangers Campus Leaders Program (CLP) 8 sebagai panitia pelaksana.

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi masyarakat, kegiatan ini juga menyediakan hadiah doorprize bagi peserta yang hadir.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Yayasan Mentari Meraki Asa berharap masyarakat semakin teredukasi dan sadar akan pentingnya menjaga serta mencegah penularan TBC. Yayasan juga berkomitmen untuk terus melakukan tindakan nyata yang berkelanjutan demi kesehatan masyarakat. 

Halaman Selanjutnya

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi masyarakat, kegiatan ini juga menyediakan hadiah doorprize bagi peserta yang hadir.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *