Viral Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswa, Ini Kata Pihak Universitas Negeri Yogyakarta

Minggu, 12 November 2023 – 19:24 WIB

Yogyakarta – Media sosial sejak Jumat 10 November 2023 diramaikan dengan kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Baca Juga :

Sandiaga Uno soal Fotonya Diedit Jadi Gibran di Baliho Prabowo: Masyarakat Inginnya yang Otentik

Kasus dugaan pelecehan seksual ini disebut diduga dilakukan oleh seorang mahasiswa berinisial MF yang merupakan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY.

Menanggapi hal ini, Dekan FMIPA UNY Dadan Rosana pun angkat bicara. Dadan menyebut pihaknya telah melakukan konfirmasi kepada terduga pelaku pelecehan seksual yang ramai disebut namanya di media sosial.
“Kami sudah mengonfirmasi kasus ini kepada terduga pelaku. Terduga pelaku merasa tidak melakukan itu dan dia bersedia untuk dilakukan pemeriksaan digital forensik untuk mengetahui apakah kira-kira betul itu (perekaman) berasal dari perangkat digital yang dimilikinya,” kata Dadan di FMIPA UNY, Sabtu 11 November 2023.

Baca Juga :

Pemuda Viral Tempelkan Al Quran di Kemaluan Ditangkap, Motifnya Konyol

Gedung FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Dadan membeberkan pihaknya juga bekerjasama dengan Polda DIY untuk melakukan pemeriksaan terhadap perangkat digital forensik milik terduga pelaku. Pemeriksaan digital forensik ini untuk menelisik kejadian sebenarnya terkait kasus pelecehan seksual itu.

Baca Juga :

Lurah di Padang yang Dibebastugaskan Gegara Joget sambil Rangkul Biduan Minta Maaf

Dadan mengakui hingga saat ini pihak Dekanat FMIPA UNY belum bisa mengakses terduga korban. Dadan menyebut pihaknya telah berupaya untuk mencari keberadaan terduga korban dengan melakukan penelusuran baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Dadan membeberkan penelusuran di dunia maya atau di media sosial ini telah dilakukan namun belum menemukan titik terang. Dadan mengakui sulitnya melacak korban melalui akun media sosial.

Baca Juga  Liverpool Tunjuk Wonderkid Ini Sebagai Penerus Mo Salah

Penelusuran, lanjut Dadan, akan terus dilakukan untuk bisa bertemu dengan terduga korban pelecehan seksual itu. Dadan memastikan pihak FMIPA UNY berkomitmen untuk membantu terduga korban pelecehan seksual.

“Permasalahannya korban sangat sulit dilacak. Akunnya tidak jelas kemudian di-upload oleh nama samaran yang tidak jelas juga. Sehingga apakah benar atau tidak kasus ini masih kami telusuri,” ungkap Dadan.

“Kami tidak menutup mata. Sesuatu yang tidak benar ada kemungkinan benar sehingga kami harus menelusurinya dengan baik. Kalau benar-benar ada korban kami siap untuk membantunya,” imbuh Dadan.

Dekan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta Dadan Rosana

Dekan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta Dadan Rosana

Dadan menjamin UNY akan memberikan bantuan kepada terduga korban pelecehan seksual itu. Bantuan ini berupa bantuan pendampingan psikologis, medis hingga pengamanan terhadap terduga korban pelecehan seksual.

“Kalau betul-betul ada korban dan korban mau melaporkan pada kami, kami ada namanya di UNY, Satgas Anti Kekerasan Seksual. Kita akan bantu semuanya baik itu dalam bentuk bantuan psikologis, bantuan medis termasuk bantuan pengamanannya,” urai Dadan.

Dadan menambahkan Dekanat FMIPA UNY meminta bantuan kepada siapapun baik itu mahasiswa atau bukan yang memiliki informasi tentang kasus itu agar mau melaporkannya ke pihak UNY maupun Satgas Anti Kekerasan Seksual bentukan UNY.

Dadan menjamin kerahasiaan pemberi informasi itu. Dadan membeberkan jika pihaknya berkomitmen untuk merampungkan kasus dugaan pelecehan seksual ini secara transparan.

“Siapa yang bersalah akan ditemukan sehingga kita bisa melakukan tindakan yang adil terhadap kasus ini,” tutup Dadan.
 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *