Timnas Indonesia Ternyata Pernah Gasak Jepang 7-1 dan 7-0! Kapan Itu?

Sabtu, 13 Januari 2024 – 00:04 WIB

Jakarta – Timnas Jepang akan menjadi salah satu lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kekuatan Jepang saat ini begitu mengerikan.

Baca Juga :

Kata Saddil Ramdani Usai Dicoret dari Timnas Indonesia, Ingat Hukum Alam Berlaku

Para pemain Jepang banyak yang bermain di liga-liga top Eropa. Selain itu, Samurai Blue juga tercatat sebagai langganan Piala Dunia.

Tahukah kamu, dulunya Indonesia di atas Timnas Jepang? Bahkan, Skuad Garuda sempat tercatat mengalahkan Jepang dengan skor telak.

Baca Juga :

Jadwal Piala Asia 2023, Opening Ceremony dan Laga Tuan Rumah

Tim Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Dilansir The Strait Times, Indonesia pernah menggasak Jepang 7-1 di ajang Far Eastern Games 1934. World Football Elo Rating mengakui ini sebagai pertandingan perdana Timnas Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga :

2 Kemenangan Timnas Indonesia di Piala Asia, Lanjut di Qatar Tahun Ini?

Saat itu, Indonesia masih mengusung nama Hindia Belanda. Hindia Belanda menggasak Jepang 7-1 dalam duel yang digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina pada 13 Mei 1934.

Dari pemain Hindia Belanda, Ludwich ‘Loed’ Jahn mencatat hattrick di menit 16,50, dan 65. Tio Hian Goan juga menorehkan hattrick di menit 37, 56 dan 68. Satu gol lainnya dicetak Tan Hong Dien di menit 27. Jepang hanya dikasih satu gol hiburan melalui Taizo Kawamoto di menit 52.

Sayang, dalam dua laga selanjutnya di Far Eastern Games, Hindia Belanda mengalami kekalahan. Mereka takluk 0-2 dari China lalu takluk 2-3 dari Filipina.

Kemenangan telak Indonesia atas Jepang juga sempat terjadi di Merdeka Tournament. Saat itu, negara kita sudah mengusung nama Timnas Indonesia.

Baca Juga  Audit Sirekap KPU Tak Akan Mengubah Hasil Pemilu

Indonesia berhasil menggasak Jepang 7-0 dalam duel yang digelar pada 11 Agustus 1968.

Dilansir 11v11, Indonesia dan Jepang sudah bertemu 15 kali. Hasilnya ternyata tak terlalu mencolok. Indonesia berhasil menang 5 kali dan Jepang menang 8 kali. Sisanya, dua laga berakhir imbang.

Pertemuan terakhir Jepang dan Indonesia terjadi pada 11 Juni 1989 di Kualifikasi Piala Dunia 1990 zona Asia. Jepang berhasil menang telak 5-0.
 

Halaman Selanjutnya

Sayang, dalam dua laga selanjutnya di Far Eastern Games, Hindia Belanda mengalami kekalahan. Mereka takluk 0-2 dari China lalu takluk 2-3 dari Filipina.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *