Termasuk Israel, Ini 7 Negara yang Paling Takut dengan Kekuatan Militer Indonesia

Sabtu, 25 November 2023 – 06:00 WIB

Jakarta – Indonesia adalah salah satu negara yang patut diperhitungkan dalam dunia internasional. Indonesia menjadi negara yang besar dan populasi penduduk yang banyak sehingga menjadikan negara satu ini masuk ke dalam daftar negara yang disegani di dunia. 

Baca Juga :

Israel Larang Warga Palestina Kumpulkan Air Hujan, Klaim Air Itu Milik Israel

Bahkan, sejumlah negara di dunia dicap takut dengan kekuatan Indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki perekonomian yang cukup stabil. Sedangkan di bidang militer, kekuatan Indonesia juga tak bisa diremehkan begitu saja. 

Dalam peringkat militer dunia 2023 yang dikeluarkan oleh Global Firepower, Indonesia berada di urutan ke-13 dari 145 negara dan di Asia Tenggara di urutan pertama. Bukan hanya dari sisi alutsista, Indonesia juga memiliki pasukan elit khusus. 

Baca Juga :

Terpopuler: Putra Mahkota Arab Serukan Boikot Senjata ke Israel, Nominal Pemerasan Firli ke SYL

Pasukan tersebut terdiri atas Kopassus di TNI Angkatan Darat, Kopaska di TNI Angkatan Laut, dan Kopasgat di TNI Angkatan Udara. Dengan kepemilikan tersebut, sejumlah negara merasa segan dengan Indonesia. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

Baca Juga :

Top Trending: Netizen Indonesia Serbu Akun Sosmed Tentara Israel, Wanita Nekat Telanjang di Bandara

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia memang kerap terjadi pasang surut yang diakibatkan oleh klaim mengklaim. Walaupun demikian, kedua negara ini menjalin hubungan baik. Sementara itu, jika dilihat dari sisi militer yang dimiliki Indonesia, kekuatan militer Malaysia ini berada jauh di posisi bawah. 

Pemimpin junta militer Myanmar, Than Shwe

Pemimpin junta militer Myanmar, Than Shwe

Seperti diketahui, Myanmar rupanya sempat membenci Indonesia. Kebencian Myanmar terhadap Indonesia ini karena sempat mengangkat isu Rohingya di meja rapat PBB. Walaupun demikian, negara junta militer ini diketahui takut dengan kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia. 

Vanuatu juga sempat memberikan serangan terhadap Indonesia dalam sidang PBB soal tuduhan pelanggaran HAM di Papua. Tindakan yang dilakukan negara ini bahkan sampai mendapat reaksi tajam dari warganet. Masyarakat di Indonesia pun tidak tinggal diam dan langsung melancarkan serangan di media sosial. 

PM Israel Benjamin Netanyahu

PM Israel Benjamin Netanyahu

Negara yang satu ini adalah musuh abadi Palestina, yaitu negara yang kerap mendapatkan dukungan penuh dari Indonesia. Israel kerap membandingkan kekuatan militernya dengan Indonesia. Tentu saja, kekuatan militer Indonesia jauh di atas Israel yang berada di posisi ke-18 dalam peringkat militer terkuat di dunia. 

Presiden Jokowi dan Raja Belanda melihat Keris Pangeran Diponegoro.

Presiden Jokowi dan Raja Belanda melihat Keris Pangeran Diponegoro.

Belanda juga disebut-sebut sebagai salah satu negara yang takut dengan militer Indonesia. Hal ini karena Belanda sudah merasakan perlawanan saat melakukan penjajahan terhadap Indonesia. Selain itu, posisi militer Indonesia berada di urutan ke-13 juga menjadi salah satu penyebabnya karena kekuatan militer Belanda di urutan ke-38 di dunia. 

Pemimpin oposisi Australia Anthony Albanese jadi PM

Pemimpin oposisi Australia Anthony Albanese jadi PM

Photo :

  • ANTARA/AAP/Jason Edwards via Reuters)

Negara tetangga satu ini juga tampaknya takut dengan kekuatan militer Indonesia. Hal ini karena jumlah penduduk dan kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia sampai saat ini. Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang banyak dengan militer terbaik di dunia, menjadikan Australia merasa segan. 

7. Timor Leste

Presiden terpilih Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Presiden terpilih Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Negara yang sudah lepas dengan Indonesia ini awalnya memiliki nama Timor Timur. Setelah memisahkan diri pada tahun 1999, hubungan antar keduanya sempat renggang dan kembali baik. Kekuatan militer Indonesia ditakuti oleh Timor Leste. Hal ini tentu saja karena Indonesia adalah negara terkuat di dunia. 

Baca Juga  Pelabuhan Indah Kiat Cilegon Bakal Dipakai untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

Halaman Selanjutnya

2. Myanmar

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *