Sapu Bersih Polusi Udara, Menteri LHK Sebut Rencana Modifikasi Cuaca Dilakukan Pekan Depan

Jumat, 18 Agustus 2023 – 18:51 WIB

Jakarta –¬†Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan pemerintah akan menerapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk memperbaiki kualitas udara di Jabodetabek. Rencananya modifikasi cuaca itu dilakukan mulai pekan depan.

Baca Juga :

Ridwan Kamil Ungkap Pemerintah Siapkan 12 Solusi untuk Atasi Polusi Udara di Jabodetabek

Hal tersebut diungkap Siti Nurbaya usai melaksanakan rapat koordinasi penanganan polusi udara yang dipimpin oleh Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam rapat tersebut, Siti menyampaikan beberapa hal, salah satunya fenomena yang dinamakan Street Canyon. Fenomena tersebut merupakan kondisi udara di Ibu Kota yang terperangkap karena adanya gedung-gedung tinggi hingga kondisi geomorfologi.

Baca Juga :

Luhut Beberkan 3 Sektor Biang Kerok Buruknya Kualitas Udara di Jabodetabek

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutananan, Siti Nurbaya di Glasgow.

“Yang saya laporkan juga tadi Jakarta itu kan bentuk geomorfologinya kipas aluvial. Kipas aluvial itu dia merendah, melebar ke laut, sedangkan di pinggir-pinggirnya bergelombang dan bungkil. Kemudian, selain itu, ada daerah-daerah yang gedung-gedungnya tinggi. Nah, ini dalam pergerakan polusi udara, kita sebutnya street canyon,” kata Siti di Kantor Kemenko Marves, Jumat, 18 Agustus 2023.

Baca Juga :

Olahraga di Tengah Polusi Udara Jakarta yang Buruk, Sehatkah?

Dampak dari fenomena Street Canyon itu, kata Siti, dapat menyebabkan polusi udara hanya berputar-putar. Oleh sebab itu, modifikasi cuaca sangat diperlukan untuk mengatasi polusi tersebut.

“Artinya, udara yang polutif itu bergerak begini-begini aja gitu, kagak bisa ke mana-mana. Maka kita akan lakukan modifikasi cuaca,” kata Siti.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *