Salah Satu Tertinggi di Dunia

Senin, 5 Februari 2024 – 16:35 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal IV-2023 menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Ekonomi RI kuartal IV-2023 tercatat sebesar 5,04 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Sementara itu, sepanjang tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat 5,05 persen atau menurun dari 2022 yang tumbuh mencapai 5,31 persen

Baca Juga :

Airlangga Yakin Sri Mulyani Tak Akan Mundur: Kawan Saya

Airlangga mengatakan, dibandingkan negara lain, ekonomi Indonesia menjadi salah satu negara yang tumbuh kuat. Di mana Indonesia ada di bawah China dan Filipina.

“Filipina di atas kita maupun Uzbekistan. walaupun ekonominya jauh lebih kecil secara size. Tetapi Indonesia menjadi salah satu negara yang pertumbuhannya tertinggi di dunia, dan ini dengan Vietnam sejajar,” ujar Airlangga dalam konferensi pers Senin, 5 Februari 2024.

Baca Juga :

BPS Kasih Bukti Pembangunan IKN Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Dari sisi pengendalian inflasi, lanjut Airlangga, Indonesia juga tercatat lebih baik dari Jepang, Arab Saudi, Italia, dan China.

Baca Juga :

Konsumsi Rumah Tangga Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV-2023

“Dari segi pengendalian inflasi Indonesia juga lebih baik di mana Indonesia bisa menahan inflasi di angka 2,61 persen. Sehingga inflasi kita itu sebagai top lima di bawah kita atau di atas kita Jepang, Arab Saudi, Italia dan China,” terangnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, perekonomian Indonesia pada kuartal IV-2023 sebesar 5,04  persen secara year on year (yoy). Jika dibandingkan dengan kuartal III-2023 yang sebesar 4,94 persen yoy.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, ekonomi RI berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal IV-2023 atas dasar harga berlaku sebesar Rp 5.302,5 triliun, dan atas dasar harga konstan sebesar Rp 3.139,1 triliun.

Baca Juga  Semakin Ditunda-tunda Bukan Semakin Baik

“Sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2023 bila dibandingkan dengan kuartal III-2023 atau secara qtq tumbuh 0,45 persen. Bila dibandingkan kuartal IV-2022 atau secara yoy ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,04 persen,” ujar Amalia dalam konferensi pers Senin, 5 Februari 2024.

Amalia menuturkan, dengan tumbuhnya ekonomi RI ini mengindikasikan ekonomi RI tetap solid di tengah menurunnya harga ekspor unggulan.

“Di tengah melambatnya perekonomian global dan menurunnya harga ekspor unggulan, ekonomi Indonesia tahun 2023 tetap tumbuh solid sebesar 5,05 persen secara ctc,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, ekonomi RI berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal IV-2023 atas dasar harga berlaku sebesar Rp 5.302,5 triliun, dan atas dasar harga konstan sebesar Rp 3.139,1 triliun.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *