Perbankan Bersaing Dongkrak Penyaluran Kredit Baru dan Pembiayaan Korporasi September 2023

Selasa, 17 Oktober 2023 – 18:10 WIB

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa penyaluran kredit baru oleh perbankan pada September 2023, terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Baca Juga :

Strategi BTN Kejar Target Penyaluran KPR Syariah 45.750 unit Rumah Tahun Ini

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada September 2023 tercatat sebesar 92,6 persen.

“Tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 86,2 persen,” kata Erwin dalam keterangannya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Baca Juga :

Perluas Layanan di Sektor Pendidikan, Bank Mandiri Perkuat Kerja Sama dengan Universitas Indonesia

Dia menjelaskan, faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain yakni permintaan pembiayaan dari nasabah, dan prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan. “Serta tingkat persaingan usaha dari bank lain,” ujarnya.

Baca Juga :

Modal Asing Keluar RI Rp 4,32 Triliun, BI Perkuat Koordinasi dengan Pemerintah

Sementara itu, untuk keseluruhan kuartal III-2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Erwin menambahkan, pembiayaan korporasi pada September 2023 juga terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal tersebut tecermin dari SBT pembiayaan korporasi sebesar 16,1 persen, meningkat dibandingkan SBT 14,7 persen pada Agustus 2023.

“Sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri dan pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik,” ujarnya.

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada September 2023. Sementara itu, dalam waktu 3 hingga 6 bulan ke depan, pemenuhan pembiayaan yang berasal dari bank umum diprakirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

“Selain perbankan, sumber pembiayaan lain yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing,” ujarnya.

Baca Juga  jadwal sbmptn di kota Surabaya terkini

Halaman Selanjutnya

Source : VIVA/Andry Daud

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *