Pasta Gigi Diklaim Bisa Hilangkan Bekas Cupang di Leher, Ternyata Ini Faktanya

Kamis, 26 Oktober 2023 – 00:06 WIB

VIVA Lifestyle – Tanda gigitan cinta atau cupang adalah bekas kemerahan yang mungkin ditinggalkan setelah berciuman dengan pasangan. Umumnya tanda merah ini berada di sekitar leher hingga bagian dada. Bekas cupang yang ada di bagian tubuh terbuka itu sering kali membuat orang merasa kurang percaya diri. Sehingga banyak tips yang bertebaran di internet tentang bagaimana cara menghilangkannya yakni salah satunya menggunakan pasta gigi.

Baca Juga :

Pria Lebih Rentan Terkena Stroke Dibanding Wanita, Kenapa?

Meskipun jarang disadari, cupang adalah kejadian yang sangat umum terjadi pada momen yang penuh gairah antar pasangan. Hal ini dapat menyebabkan tanda merah tua atau keunguan di leher. Memar ini disebabkan oleh isapan atau ciuman yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah di bawah kulit.

Ilustrasi bercinta/ciuman.

Baca Juga :

Hubungan Seks di Akhir Masa Haid Bikin Cepat Hamil? Ini Kata dr. Boyke

Menurut ahli, bekas kecupan ini biasanya memudar dalam waktu 1-2 minggu lamanya.

“Cupang, pada dasarnya adalah memar, terjadi pasca-trauma atau hisapan yang biasanya memudar dalam 1 hingga 2 minggu saat tubuh secara bertahap menyerap kembali darah yang terkumpul di bawah kulit. Namun, durasi pastinya dapat bervariasi berdasarkan tingkat keparahan cupang dan proses penyembuhan seseorang,” kata Dr Priyanka Kuri, Konsultan Dermatologis, Rumah Sakit Aster Whitefield, melansir Health Shots, Rabu 25 Oktober 2023.

Baca Juga :

Tanpa Sentuhan Kulit Tapi Bikin Nikmat, Ini 4 Posisi ‘Seks Kering’ Patut Dicoba

Dokter Kuri kemudian menegaskan bahwa bekas cupang tidak dapat dihilangkan dengan pasta gigi. Beberapa orang percaya bahwa sensasi dingin dari pasta gigi dapat meredakan kemerahan di kulit, namun faktanya itu tidak berhubungan sama sekali.

Baca Juga  Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

“Cupang tidak bisa dihilangkan dengan pasta gigi. Itu adalah sebuah mitos. Meskipun beberapa orang percaya bahwa efek pendinginan dari pasta gigi dapat membantu, hal ini tidak memiliki bukti ilmiah yang mendukung pengobatan cupang,” jelas Dr Kuri.

Namun, jika masih ingin mencoba cara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika pasta gigi akan digunakan, memilih pasta gigi dengan rasa mint dapat memperburuk iritasi kulit karena potensi efek alerginya. Sangat penting untuk menggunakan pasta gigi dalam jumlah sedikit saja, karena mengoleskan terlalu banyak dapat menyebabkan kekeringan berlebihan dan potensi sensasi terbakar pada kulit. Jika menggunakan pasta gigi, diamkan selama dua jam saja dan jangan lebih dari itu karena dapat mengiritasi kulit juga.

Halaman Selanjutnya

“Cupang tidak bisa dihilangkan dengan pasta gigi. Itu adalah sebuah mitos. Meskipun beberapa orang percaya bahwa efek pendinginan dari pasta gigi dapat membantu, hal ini tidak memiliki bukti ilmiah yang mendukung pengobatan cupang,” jelas Dr Kuri.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *