Opsi WFH Karyawan Swasta saat KTT ASEAN, Heru Budi Serahkan ke Masing-masing Perusahaan

TEMPO.CO, Jakarta – Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pemberlakuan kebijakan Work Form Home atau WFH bagi karyawan swasta selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dikembalikan kepada pemilik perusahaan masing-masing.

“Nanti imbauan yang swasta silakan ke pemilik masing-masing,”  kata Heru melalui keterangannya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Acara internasional KTT ASEAN di Jakarta bakal berlangsung 5 sampai 7 September 2023. Heru Budi menerapkan bekerja dari rumah bagi ASN Pemprov DKI untuk menekan tingkat kemacetan selama KTT ASEAN berlangsung. 

Heru Budi akan menerbitkan aturan soal pemberlakuan work from home (WFH) saat perhelatan KTT ASEAN 2023. Aturan ini berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di gedung-gedung milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dekat venue KTT ASEAN.

“Di wilayah Pemda DKI, saya akan memastikan membuat keputusan Instruksi Gubernur, misalnya sekolah, gedung-gedung Pemda di sekitar titik lokasi, nanti tempat kegiatan akan kami lakukan work from home,” kata dia dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9, Selasa, 8 Agustus 2023.

Ia meminta kalangan swasta untuk mempertimbangkan opsi WFH kepada karyawannya selama KTT ASEAN berlangsung. 

Selain pegawai dan karyawan, Heru Budi juga akan menerapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ bagi pelajar yang sekolahnya berada di dekat lokasi pertemuan KTT ASEAN.

“Saya memastikan untuk membuat instruksi gubernur untuk menerapkan WFH (work from home) bagi sekolah dan gedung pemda yang berada di sekitar titik lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN,” kata Heru Budi dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, Selasa, 8 Agustus 2023.

Iklan

KTT ASEAN 2023 akan digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023. Pemberlakuan WFH ini bertujuan menghindari kepadatan lalu lintas alias macet ketika KTT ASEAN berlangsung. 

Baca Juga  Wajib Tahu Nih, 10 Cara Alami Menghilangkan Selulit

Heru pun membuka peluang agar pihak swasta dapat memberlakukan WFH. Menurut dia, Pemprov DKI bakal menerbitkan imbauan soal ini. 

“Untuk yang di luar dari perangkat daerah, swasta dan lain-lain, (WFH) sifatnya adalah edaran dan imbauan,” ujar Kepala Sekretariat Presiden ini. 

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia dua kali menggelar KTT ASEAN pada tahun ini. Pertama, KTT ASEAN ke-42 yang telah digelar pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini khusus untuk negara anggota ASEAN. 

Kemudian KTT ASEAN ke-43 akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 September 2023. Negara-negara mitra wicara ASEAN rencananya diundang dalam KTT ini.

Negara mitra wicara juga ada ASEAN+3 yang terdiri dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Kemudian ASEAN+CER (Closer Economic Relations), yaitu Australia dan Selandia Baru.

Pilihan Editor: Heru Budi akan Bikin Regulasi ASN WFH Saat KTT ASEAN 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *