Kepolisian Incheon Bantah Bocorkan Laporan Penyelidikan Lee Sun Kyun ke Wartawan

Jumat, 29 Desember 2023 – 08:34 WIB

SEOUL – Kasus kematian aktor Lee Sun Kyun yang diduga bunuh diri pada Rabu 27 Desember 2023, terus menjadi sorotan publik. Ditemukan tak bernyawa di dalam mobilnya yang terparkir di di dekat Taman Waryong di Jongno-gu, Seoul sekitar pukul 10:30 waktu Korea, ada briket arang di kursi penumpang.

Baca Juga :

Bocor Isi Surat Lee Sun Kyun Sebelum Bunuh Diri: Tidak Ada Cara Lain, Hanya Ini Satu-satunya Cara

Kematian aktor Parasite ini juga menyeret institusi Kepolisian Incheon Seoul. Mengingat sebelum meninggal Lee Sun Kyun tengah dalam proses penyelidikan terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Lee Sun Kyun sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus narkoba pada Oktober 2023 lalu. Dirinya juga sudah menjalani tiga kali penyelidikan oleh pihak kepolisian. Bahkan beberapa hari sebelum meninggal, dia sempat menjalani pemeriksaan selama 19 jam. Aktor Lee Sun Kyun disebut-sebut memilih cara ekstrem mengakhiri hidup lantaran tertekan dengan kasus yang menjeratnya. 

Baca Juga :

15 Artis Korea Meninggal karena Bunuh Diri, Terbaru Lee Sun Kyun

Belum lagi, sejumlah hasil tes narkoba yang menyatakannya negatif. Namun pihak kepolisian masih terus mencecarnya. Penolakan pihak penyelidik untuk menggunakan lie detector yang diminta Lee Sun Kyun untuk penyelidikan kasusnya, juga disinyalir membuat sang aktor makin tertekan. 

Baca Juga :

Akhir Tragis Pemeran Utama Film Komedi Terlaris Era 1990-an Mrs Doubtfire, Robin Williams

Bahkan yang disebut membuatnya semakin terpuruk adalah laporan terkait kasus penyalahgunaan narkoba Lee Sun Kyun bocor ke media pada 19 Oktober 2023 lalu atau sebelum proses penyelidikan dimulai.

Tidak sedikit dari publik yang akhirnya mempertanyakan kredibilitas pihak kepolisian dalam kasus ini pasca Lee Sun Kyun meninggal dunia. Ramainya kabar ini membuat pihak kepolisian Incheon angkat bicara. Pihak kepolisian yang menangani kasus Lee Sun Kyun membantah telah membocorkan laporan investigasi ini ke media.

Baca Juga  Hasil Autopsi Rampung, Polisi Ungkap Penyebab Kematian Anak Dibanting Ayah

“Polisi tidak meminta mendiang Lee Sun Kyun untuk tampil di depan umum saat mengambil bagian dalam penyelidikan, atau membocorkan konten penyelidikan lainnya kepada pers. Kami melakukan penyelidikan sesuai dengan proses yang berlaku,” kata Komisaris Badan Kepolisian Nasional Incheon Kim Hee Joong dalam konferensi pers yang diadakan di gedung Badan Kepolisian Metropolitan Incheon Kamis, 28 Desember 2023,

Kim Hee Joong menyebut bahwa selama penyelidikan pertama tepatnya pada 28 Oktober mendiang Lee Sun Kyun menyatakan niatnya untuk membuat pernyataan lain kali. Sehingga  tidak ada penyelidikan khusus yang dilakukan. 

“Ada kebutuhan untuk penyelidikan lebih lanjut setelah penyelidikan pada tanggal 4 November, jadi kami melakukan penyelidikan ketiga pada tanggal 23 Desember,” kata Komisaris Kim. 

Dia menjelaskan penyelidikan yang dilakukan dua hari sebelum Natal itu dilakukan cukup lama sehingga pihaknya bisa mendengarkan sepenuhnya keterangan Lee Sun Kyun.

“Investigasi hingga larut malam dilakukan dengan persetujuan almarhum dan partisipasi pengacara. Tidak ada permintaan untuk tampil di depan umum oleh polisi, dan kami tidak membocorkan informasi apa pun, tidak seperti rumor yang muncul,” kata dia.

Dia menyebut bahwa pengacara Lee Sun Kyun juga ikut serta dalam seluruh penyidikan terkait kasus tersebut, termasuk penyitaan hingga uji forensik. Menurutnya, penyidikan dilakukan sesuai dengan proses hukum seperti perekaman video.

Seorang pejabat dari Badan Kepolisian Nasional Incheon juga mengadakan pengarahan dan menjelaskan bahwa Lee Sun Kyun meminta penyelidikan tertutup melalui pengacaranya menjelang penyelidikan putaran ketiga, namun menolak.

“Itu adalah tindakan yang mempertimbangkan keselamatannya dari banyak reporter,” kata dia.

Sementara itu, pejabat Badan Kepolisian Nasional Incheon mengatakan bahwa mendiang Lee Sun Kyun meminta untuk menggunakan tempat parkir bawah tanah untuk melakukan penyelidikan. 

“Kami jelaskan bahwa ada risiko kecelakaan bagi wartawan, sehingga dia harus mengikuti penyelidikan ketiga dengan cara yang sama seperti penyelidikan pertama dan kedua (akses pintu depan kantor polisi). Bahkan jika dia naik ke gedung tersebut melalui tempat parkir bawah tanah, para reporter akan dapat melihatnya melalui semua jendela gedung utama di lantai dua. Lagipula dia akan terlihat,” katanya. 

Dia menambahkan, jika banyak wartawan tiba-tiba memasuki tempat parkir bawah tanah, akan ada risiko kecelakaan.

Artikel ini tidak untuk menginspirasi dan diimbau Anda tak menirunya. Jika Anda merasakan gejala depresi, permasalahan psikologi yang berujung pemikiran untuk melakukan bunuh diri, segera konsultasikan ke pihak-pihak yang dapat membantu Anda seperti psikolog, psikiater atau klinik kesehatan mental.

Halaman Selanjutnya

“Polisi tidak meminta mendiang Lee Sun Kyun untuk tampil di depan umum saat mengambil bagian dalam penyelidikan, atau membocorkan konten penyelidikan lainnya kepada pers. Kami melakukan penyelidikan sesuai dengan proses yang berlaku,” kata Komisaris Badan Kepolisian Nasional Incheon Kim Hee Joong dalam konferensi pers yang diadakan di gedung Badan Kepolisian Metropolitan Incheon Kamis, 28 Desember 2023,

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *