Kecebong Ini Punya Kekuatan seperti Samson

Selasa, 16 Januari 2024 – 10:36 WIB

VIVA Tekno – Prince Rupert’s Drops atau Tetesan Pangeran Rupert, juga dikenal dengan Rupert’s Balls atau Dutch Tears, adalah objek kaca khusus yang memiliki sifat unik dalam hal kekuatan dan kerapuhan.

Baca Juga :

Cara Terbaik Melawan Jamur pada Kaca Mobil

Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, objek ini dinamai setelah Pangeran Rupert dari Rhine, Jerman, yang pertama kali membawanya ke Inggris pada abad ke-17.

Benda transparan itu adalah kaca berbentuk seperti kecebong kecil tanpa kaki, yang terbentuk dari cairan kaca yang dilelehkan, dan kemudian dicelupkan ke dalam air dingin.

Baca Juga :

Bola Golf Liar Melayang di Jalan Tol Rawamangun, Hampir Pecahkan Kaca Mobil

Proses ini menghasilkan bentuk yang sangat unik. Tetes kaca yang baru terbentuk memiliki bagian kepala yang tebal dan transparan serta bagian ekor yang panjang dan tipis. Mirip kecebong.

Struktur tersebut adalah hasil dari cepat mendinginnya permukaan tetes kaca ketika bersentuhan dengan air, sementara bagian dalamnya tetap dalam keadaan panas.

Baca Juga :

Indonesia Masuk Daftar Negara yang Paling Ditakuti Amerika Serikat, Ini Faktanya

Seiring bagian dalam tetes kaca mendingin dan menyusut, sifat mekanik dan termal bahan berubah secara dramatis. Prince Rupert’s Drops memiliki kekuatan permukaan yang luar biasa.

Bagian kepala dari tetes kaca ini sangat kuat dan tahan terhadap tekanan eksternal. Bahkan, benda ini dapat menahan pukulan keras tanpa pecah.

Meski begitu, pada bagian ekornya justru sangat rapuh. Sekali ekor ini rusak atau pecah, seluruh tetes kaca akan hancur menjadi butiran halus.

Halaman Selanjutnya

Meski begitu, pada bagian ekornya justru sangat rapuh. Sekali ekor ini rusak atau pecah, seluruh tetes kaca akan hancur menjadi butiran halus.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *