Jupiter Bukan Planet Terbesar

Berita65 Dilihat

Kamis, 17 Agustus 2023 – 20:07 WIB

VIVA Tekno – Sejak para astronom pertama kali melihat ke luar tata surya tiga dekade lalu untuk menemukan planet ekstrasurya, benda luar angkasa itu kemungkinan memiliki lebar dan massa yang sangat beragam.

Baca Juga :

Ini Biang Kerok Mengapa Alien Sulit Ditemukan

Tapi seberapa besar planet-planet ini dan apa planet terbesar yang kita ketahui? Sebelum tahun 1992, ketika planet ekstrasurya pertama ditemukan, raksasa gas Jupiter yang berukuran sekitar 11 kali lebar Bumi menyandang gelar planet terbesar yang diketahui.

Tapi Jupiter ternyata masih tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan beberapa dunia monster yang telah ditemukan sejak itu, menurut laman Live Science, Kamis, 17 Agustus 2023.

Baca Juga :

Sri Mulyani Waspadai Gejolak Harga Komoditas pada 2024

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan ukuran sebuah planet, Pertama lebarnya (dua kali radiusnya) dan massanya.

“Planet ekstrasurya terbesar memiliki radius planet sekitar dua kali radius Jupiter. Ini adalah objek ekstrem yang mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya,” kata seorang peneliti exoplanet postdoctoral di Universitas Jenewa, Solene Ulmer-Moll.

Baca Juga :

2 Pabrik Pengoplosan Gas Melon ke 12 Kg Digerebek, Ada di Depok dan Tangerang

Lebar planet dan massanya saling terkait, tetapi tidak selalu ada korelasi langsung antara keduanya. Hal ini karena kepadatan planet berbeda-beda, yang berarti beberapa raksasa gas bermassa rendah dapat mengembang ke ukuran yang lebih besar daripada planet ekstrasurya lain yang lebih berat.

Sebagai contoh, raksasa gas HAT-P-67 b, yang memiliki radius sekitar dua kali lipat dari Jupiter, merupakan salah satu planet terbesar yang diketahui dalam hal lebarnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *