Jokowi Bertolak ke Riyadh Hadiri KTT OKI Bahas Situasi Gaza, Lanjut ke AS Temui Joe Biden

Sabtu, 11 November 2023 – 01:12 WIB

Surabaya – Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung bertolak ke Riyadh, Arab Saudi, pada Jumat malam, 10 November 2023, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Baca Juga :

Jokowi Puji Timnas U-17 Tahan Imbang Ekuador: Dapat Satu Poin Meskipun Mati-matian

“Malam ini saya bersama-sama dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Riyadh Arab Saudi, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI,” kata Presiden Jokowi sesaat sebelum bertolak menuju Riyadh dari Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat malam.

Jokowi mengatakan, dalam KTT Luar Biasa OKI tersebut, para pemimpin negara-negara OKI akan membahas situasi terkini di Gaza, yang menjadi pusat konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina, sejak 7 Oktober 2023.

Baca Juga :

Potret Mengerikan di RS Al Shifa Gaza, Pasien Warga Palestina Diamputasi Tanpa Obat Bius

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :

  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Menurutnya, pertemuan tersebut sangat penting sebagai upaya tambahan menghentikan serangan Israel terhadap bangsa Palestina. “Saya akan pertegas ruang agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” tegasnya

Baca Juga :

Anak-anak Palestina Adakan Konferensi Pers, Ini Pesan Mengharukannya Untuk Dunia

Dari KTT OKI di Riyadh, Presiden Jokowi dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat, pada Minggu, 12 November 2023, untuk bertemu Presiden AS Joe Biden keesokan harinya, Senin, 13 November 2023.

Menurut Jokowi, pertemuan bilateral dengan Joe Biden merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza.

“Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” ujar Jokowi.

Baca Juga  5 Manfaat Duduk Tegak untuk Kesehatan yang Kerap Diabaikan

Dari Washington DC, Presiden Jokowi dan delegasi terbatas akan menuju ke San Francisco untuk menghadiri KTT APEC, yang membahas isu pembangunan berkelanjutan dan pembangunan yang inklusif. “Dua isu prioritas yang akan dibawa Indonesia dalam KTT APEC,” ungkapnya

Presiden Jokowi pun dijadwalkan melakukan beberapa pertemuan bilateral dan pertemuan dengan pelaku bisnis di San Francisco selama KTT APEC yang berlangsung pada tanggal 15 hingga 17 November 2023.

“Saya dan rombongan insyaallah akan meninggalkan San Francisco pada 17 November setelah KTT selesai dan kembali ke Tanah Air,” ucap Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya

“Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *