Jalan Pintas PSI Kesempatan dalam Kesempitan

Rabu, 27 September 2023 – 00:04 WIB

Jakarta – Status putra bungsu Presiden RI Jokowi, Kaesang Pangarep yang didapuk jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus disorot. Elite partai lain pun ikut menanggapi dengan menyindir Kaesang dan PSI.

Baca Juga :

Terpopuler: Kaesang ‘Sim Salabim’ Jadi Ketua Umum PSI dan Duet Prabowo-Ganjar Untungkan AMIN

Salah satunya yang disuarakan elite Nasdem melalui Ketua DPP Nasdem bidang Pemenangan Jawa I Banten-DKI, Effendy Choirie alias Gus Choi. Dia menyebut Kaesang kesusu.

“Kesusu mas, Kaesang kesusu,” kata Gus Choi dalam pesan singkatnya kepada VIVA, Selasa, 26 September 2023.

Baca Juga :

Jokowi: Banyak yang Lupa Pemerintah Bangun Jalan Desa Lebih Panjang daripada Jalan Tol

Gus Choi pun mengirimkan keterangannya tertulisnya sebagai lanjutan menanggapi Kaesang jadi Ketum PSI. Dia mengatakan dari sisi Kaesang memang punya hak sebagai warga negara untuk masuk partai apapun. 

Baca Juga: Kaesang Pangarep Jadi Ketum Disindir Menggelikan, Begini Pembelaan PSI

Baca Juga :

Kata Jokowi soal Projo Dukung Capres Inisial P di Pilpres 2024

Namun, ia mengingatkan status Kaesang merupakan putra Presiden RI yang merupakan pimpinan tertinggi negara. 

“Sebagai anak presiden, pemimpin tertinggi negara ini, mestinya sabar tidak kesusu untuk jadi pejabat, pimpinan partai, atau jadi wali kota. Itu kurang pantas, kurang elok,” lanjut Gus Choi.

Gus Choi khawatir Kaesang melakukan penyalahgunaan jabatan ayahnya untuk kepentingan pribadi dan partai. Begitupun menurutnya ditakutkan Jokowi juga berpotensi menyalahgunakan jabatannya.

“Bapaknya pun ada potensi menyalahugunakan jabatannya, langsung atau tidak langsung untuk menyukseskan anaknya dan partai yang dipimpin anaknya,” ujar Gus Choi.

Dia menyebut dari sisi PSI juga memperlihatkan kelemahan karena partai tersebut tak punya figur kuat yang layak jual untuk membantu meloloskan ke DPR di 2024. “Bahwa PSI tidak punya figur yang layak jual untuk meloloskan ke Senayan,” sebut Gus Choi.

Kaesang Pangarep, Rapat Pertama Usai Jabat Ketua Umum PSI

Menurut dia, kondisi itu membuat PSI menggunakan jalan pintas dengan menjadikan anak Presiden sebagai ketum partai.

Baca Juga  Wika Salim dan Aurelie Moeremans Meriahkan Pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya

“Meskipun baru dua hari jadi anggota PSI. Ini jelas sebuah ikhtiar supaya PSI bisa lolos ke Senayan. Kesempatan dalam kesempitan,” tuturnya.

Kaesang resmi didapuk sebagai Ketum PSI melalui Kopi Darat Nasional atau Kopdarnas pada Senin malam, 25 September 2023. Kaesang diplot jadi ketum menggantikan posisi Giring Ganesha.

Halaman Selanjutnya

“Sebagai anak presiden, pemimpin tertinggi negara ini, mestinya sabar tidak kesusu untuk jadi pejabat, pimpinan partai, atau jadi wali kota. Itu kurang pantas, kurang elok,” lanjut Gus Choi.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *