Jakarta Sudah Punya 4 SPKLU dan 7 SPBKLU, Direncanakan Bertambah

TEMPO.CO, Jakarta – Pertamina resmi menjalin kerja sama dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam meriset N-Van EV Prototype. Seiring kemitraan ini, Pertamina berniat untuk menambahkan titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru memiliki empat SPKLU di Jakarta. Lokasi tersebut berada di Lenteng Agung, MT Haryono, Fatmawati, dan di kantor pusat Pertamina, yakni Graha Pertamina.

“Sebelumnya, memang ada di Bali. Tapi, sekarang ini yang di Bali masih dalam proses pengembangan untuk komersialisasinya. Namun, untuk yang sudah beroperasi ada tiga,” kata Riva, saat di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023.

Sementara itu, dirinya menjelaskan bahwa untuk swapping atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) jumlahnya lebih banyak. Pertamina saat ini memiliki 13 titik, yakni 7 di Jakarta dan 6 di Bali. SPBKLU saat ini lebih banyak digunakan untuk roda dua dan sistem tertutup, di mana Pertamina juga bekerja sama dengan Grab dan Gojek.

Direktur Utama Pertamina New Renewable Energy Dannif Danusaputro mengatakan bahwa pihaknya tengah berencana untuk terus menambah jumlah SPKLU.

“Sekarang ini, kebiasaannya jika kita lihat, ini sama juga datanya dari PLN. Untuk mobil listrik, banyak dicas di rumah. Sebab, kebanyakan dipakai untuk berkendara dari rumah ke kantor,” jelas Dannif.

Iklan

Adapun lokasi yang diincar berada di tempat publik, seperti mal dan hotel. Namun, yang paling banyak, pemakaian atau pengecasan masih di rumah.

“Jadi, kita masih menunggu, tapi bukan chicken and egg ya. Tapi, kalau dari Pertamina, kita ingin besar sebenarnya di bisnis SPBKLU. Sebab, itu ada potensi bisnis battery swapping,” sambung dia.

Baca Juga  Hadir di COP 28 Dubai, Hilmi Panigoro Buka-bukaan 4 Strategi Bisnis Keberlanjutan Medco Energi

Pilihan Editor: Intip Sistem Keamanan Baterai Mobil Listrik Seres E1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *