Gunung Marapi Erupsi dengan Kolom Abu 1.500 Meter, TNI Siagakan Prajurit

Kamis, 28 Maret 2024 – 08:27 WIB

Padang – Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja terus menyiagakan sejumlah prajurit untuk mengantisipasi dampak ancaman letusan atau erupsi Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca Juga :

Gunung Ibu di Halmahera Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

“Korem 032 Wirabraja melalui satuan-satuan di bawah tetap menyiagakan pasukan reaksi cepat penanganan bencana alam,” kata Komandan Korem 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl di Padang, Rabu, 27 Maret 2024.

Hal tersebut disampaikan Danrem 032/Wirabraja menyikapi kondisi Gunung Marapi pascaerupsi pada Rabu dini pukul 00.13 WIB yang menyemburkan kolom abu dengan tinggi sekitar 1.500 meter di atas puncak gunung api itu.

Baca Juga :

Gunung Karangetang Berstatus Waspada, PVMBG Imbau Radius 1,5 Km Harus Steril dari Warga

Ilustrasi prajurit Paskhas TNI AU mengikuti Apel Patroli Skala Besar TNI-Polri di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat

Photo :

  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Rayen mengatakan juga telah berkoordinasi langsung dengan pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengenai kondisi terkini gunung api tersebut. Berdasarkan laporan PVMBG belum ada peningkatan atau perubahan status. Dengan kata lain, saat ini Gunung Marapi masih berstatus Level III atau siaga.

Baca Juga :

Semeru Erupsi dengan Letusan Setinggi 1,2 Km, Masyarakat Diimbau Hindari Sektor Tenggara

Ia menambahkan apabila dampak letusan gunung api masih dalam radius 4,5 kilometer, maka masih tergolong aman terhadap masyarakat. Namun, yang dikhawatirkan ialah sudah melewati batas 4,5 kilometer dan berpotensi membahayakan warga sekitar.

Terpisah, Pos Pengamatan Gunungapi Marapi melaporkan terjadi erupsi Gunung Marapi pada Rabu dini hari pukul 00.13 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak.

Baca Juga  Ukraina Buka Kembali Pantai Publik di Odesa

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan condong ke arah barat. Erupsi tersebut terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 38,7 milimeter, dan durasi sementara sekitar 1 menit 45 detik.

Erupsi Marapi, Selasa 23 Januari 2024

Erupsi Marapi, Selasa 23 Januari 2024

Photo :

  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Salah satu rekomendasi PVMBG terkait kondisi Gunung Marapi ialah masyarakat di sekitar gunung, pendaki/pengunjung atau wisatawan diimbau agar tidak memasuki atau melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek). (ant)

Halaman Selanjutnya

Terpisah, Pos Pengamatan Gunungapi Marapi melaporkan terjadi erupsi Gunung Marapi pada Rabu dini hari pukul 00.13 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *