Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo, KPK Temukan Uang Puluhan Miliar

Jumat, 29 September 2023 – 16:19 WIB

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah rampung melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Penggeledahan tersebut berlangsung sejak Kamis 28 September 2023 hingga Jumat siang.

Baca Juga :

KPK Geledah Ruang Kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo hingga Sekjennya

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan saat penggeledahan di rumah dinas SYL ditemukan uang rupiah dan mata uang asing.

“Apa hasil dari proses penggeledahan yang sudah selesai, satu di antara dari rumah dinas menteri dimaksud. Dari informasi yang kami peroleh, ditemukan antara lain sejumlah uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang asing,” kata Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Jumat 29 September 2023.

Baca Juga :

KPK Geledah Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo, Temukan 12 Senpi

Pun, Ali tak menampik jika tim penyidik KPK juga membawa alat penghitung uang dalam proses penggeledahan tersebut. Tujuannya untuk menghitung jumlah uang secara akurat,” jelas Ali.

Baca Juga :

KPK Pastikan Sudah Ada Tersangka di Dugaan Korupsi Kementan, Siapa Saja?

Ali menambahkan selain itu juga ditemukan beberapa dokumen seperti catatan keuangan dan pemberian aset bernilai ekonomis. “Serta dokumen lainnya yang terkait dengan perkara. Ditemukan juga barang bukti elektronik,” ujar Ali.

Lebih lanjut, Ali beberkan jumlah uang yang ditemukan di rumah dinas SYL itu berkisar puluhan miliar. “Sejauh ini puluhan miliar yang ditemukan dalam penggeledahan dimaksud,” kata Ali.

Dia menuturkan, saat ini alat bukti yang ditemukan di rumah dinas SYL itu akan dianalisis lebih jauh. 

Petugas polisi dan penyidik KPK di kantor Kementerian Pertanian.

Pihak KPK buka suara terkait kabar Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ditetapkan sebagai tersangka. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan jika memang benar ada tersangka, maka dalam sebuah kasus korupsi pasti akan disampaikan.

Baca Juga  Menjunjung Tinggi Kualitas dan Inklusivitas Produk

“Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan,” kata Ali Kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini KPK juga masih mengumpulkan sejumlah bukti lengkap. “Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan,” kata dia.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Sebelum kabar SYL tersangka, KPK melakukan penggeledahan terhadap kediaman rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Dari lokasi penggeledahan, tampak sejumlah petugas KPK mengeluarkan sebuah benda berbentuk mesin penghitung uang dari bagian bagasi mobil. Kemudian, benda tersebut dibawa masuk ke dalam rumah Mentan SYL.

Penggeledahan rumah dinas Mentan SYL di Kompleks Widya Chandra dilakukan sejak Kamis, 28 September 2023.

Namun, Ali mengaku belum bisa jelaskan hasil penggeledahan petugas masih bekerja di lapangan “Kegiatan sedang berlangsung,” ujar Ali, Kamis, 28 September 2023.

Halaman Selanjutnya

Dia menuturkan, saat ini alat bukti yang ditemukan di rumah dinas SYL itu akan dianalisis lebih jauh. 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *