Foto Firli Bahuri Bertemu SYL Jadi Bahan Penyidikan Kasus Pemerasan oleh Pimpinan KPK

Sabtu, 7 Oktober 2023 – 16:14 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya mengaku bakal menyelidiki foto ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bertemu dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu adakah hubungannya dengan kasus pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021.

Baca Juga :

Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK di Kementan Naik Penyidikan, Tersangkanya Siapa?

“Dalam pelaksanaan gelar perkara yang dilakukan pada Jumat 6 Oktober 2023 di Ruang Gelar Perkara Bag Wassidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, untuk mendalami lebih lanjut di tahap penyidikan nantinya terkait dengan temuan dokumen foto dimaksud,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Baca Juga :

Mentan SYL Minta Perlindungan sebagai Saksi, LPSK Bilang Begini

Dirinya mengatakan pengusutan dilakukan merujuk Pasal 65 Juncto Pasal 36 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Maka dari itu, foto tersebut masuk dalam materi penyidikan oleh pihaknya.

“Terkait adanya larangan untuk hubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak tersangka atau pihak lain yang terkait dengan penanganan tindak pidana korupsi yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi dengan alasan apapun. Jadi terjawab bahwa ini masuk dalam materi penyidikan yang akan kami gali, akan kami cari buktinya untuk membuat terang tindak pidana yang terjadi,” kata dia.

Baca Juga :

Kabar Kombes Irwan jadi Saksi Kasus Pemerasan Pimpinan KPK, Polda Metro Buka Suara

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

Baca Juga  Pacaran 4 Tahun, Zooey Deschanel dan Jonathan Scott Akhirnya Tunangan

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Krimina Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

Untul diketahui, Polda Metro Jaya membenarkan bahwa pihaknya menangani kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian tahun 2021.

“Pertama kita ketahui hari ini 5 Oktober 2023 tadi kita telah melakukan serangkaian proses penyelidikan yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis 5 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya

Source : Antara

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *