Formasi CASN 2023, Menpan RB: 80 Persen Honorer, 20 Persen Fresh Graduate

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan lebih detail soal formasi rekrutmen calon aparatur sipil negara atau CASN 2023. Adapun CASN tahun ini membuka posisi untuk 572.496 orang.

“Tahun ini posisinya 80:20. 80 persen untuk yang honorer untuk kita angkut, 20 persen untuk fresh graduate,” ujar Anas, sapaannya, dalam konferensi pers di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat pada Jumat, 4 Agustus 2023. 

Dia menjelaskan, keputusan ini diputus setelah melihat jumlah honorer yang mencapai jutaan dan telah mengabdi cukup lama, serta fresh graduate yang berharap diberikan kesempatan mengikuti rekrutmen CASN.

“‘Pak kami ini baru lulus, kami siap mengabdi kepada negara, kami punya kemampuan sesuai dengan yg diharapkan negara, masa kami ngga dibuka formasinya udah beberapa tahun? Kalau engga, republik ini jadi republik honorer kata mereka’,” kata Anas. “Dia (fresh graduate) WA saya, dia nyerbu terus ke saya lewat medsos.”

Iklan

Meski begitu, dia menjelaskan belum semua daerah menerima fresh graduate. Tetapi, salah satu yang mendesak adalag kebutuhan terhadap talenta digital.

“Kementerian Agama perlu ahli IT, bukan hanya ahli syariah kan gitu. Di tempat kami juga sama,” tutur dia.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Mendag Zulkifli Hasan: Target Baru ACAFTA, Perundingan Selesai Pada 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *