DPR Mulai Verifikasi Berkas Calon Panglima TNI Jumat Besok

Kamis, 9 November 2023 – 18:29 WIB

Jakarta – Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, menuturkan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI akan dimulai dengan verifikasi administrasi, Jumat besok, 10 November 2023. Status Agus saat ini merupakan Kepala Staf TNI AD (KSAD).

Baca Juga :

Istana Bantah Tudingan Jokowi Percepat Ganti Panglima TNI untuk Kepentingan Politik

Calon Panglima TNI diharapkan untuk melengkapi sejumlah dokumen sebagai persyaratan. Beberapa dokumen itu seperti daftar riwayat hidup, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), KTP, kartu keluarga, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) tahun 2022, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak 2022 dan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.

“Ini (verifikasi administrasi) kami lakukan besok, satu hari penuh di hari Jumat,” kata Meutya kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 9 November 2023.

Baca Juga :

KSAD Jenderal Agus Jalani Uji Kelayakan Calon Panglima TNI pada Senin 13 November

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Sementara, dia menuturkan untuk penyampaian visi misi yang biasa disebut fit and proper test terhadap Jenderal Agus dijadwalkan pada Senin 13 November 2023, sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga :

Terpopuler: Kapal Rumah Sakit TNI Bersiap ke Gaza, Misteri Kematian Mahasiswi Unair

“Jadi, akan dimulai pagi dengan penyampaian visi misi kurang lebih 30 menit, dilakukan secara terbuka. Nanti jika ada pendalaman yang mungkin bersifat rahasia, maka rapat akan ditutup,” ujarnya.

Meutya menuturkan, dalam fit and proper test dimulai dengan penyampaikan visi dan misi Jenderal Agus. Selanjutnya, dilakukan pendalaman oleh Komisi I DPR.

“Nanti jikalau ada pendalaman yang mungkin menemukan kerahasiaan maka rapat akan ditutup, tapi dibuka dulu di awal untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima,” kata Meutya.

Lalu, selanjutnya ditutup dengan kunjungan ke rumah pribadi Jenderal Agus dalam rangka melakukan verifikasi faktual.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menunjuk KSAD Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Jenderal Agus juga sudah menyatakan kesiapannya menghadapi fit and proper test calon Panglima TNI. 

“Ya pasti ada ya, mungkin ada visi dan misi yang mungkin saya sampaikan. Tentunya untuk kebaikan TNI, bagaimana TNI di dalam, bagaimana tugas TNI dengan mengaplikasikan kepada masyarakat. Yang jelas lingkupnya untuk NKRI, sesuai tugas pokok kita TNI,” kata Jenderal Agus kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. 

Halaman Selanjutnya

“Nanti jikalau ada pendalaman yang mungkin menemukan kerahasiaan maka rapat akan ditutup, tapi dibuka dulu di awal untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima,” kata Meutya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *