Diracun Sianida Tapi Kok di Tubuh Mirna Tidak Ada Racunnya? Begini Kata Jaksa

Rabu, 11 Oktober 2023 – 08:08 WIB

Jakarta – Kasus kopi sianida kembali jadi perbincangkan dan makin melebar. Pihak keluarga Mirna sudah angkat bicara, begitu juga pihak Jessica Wongso.

Baca Juga :

Suami Mirna Salihin Beri Tanggapan Menohok Soal Dokumenter Kasus Istrinya

Kini giliran Jaksa Penuntut Umum (JPU) angkat bicara soal film dokumenter berjudul “Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso”.

Dalam podcast bersama Denny Sumargo, Edward Omar Syarif Hiarej selaku Wakil Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) dan Shandy Handika sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) angkat bicara soal kasus kopi sianida.

Baca Juga :

Lucinta Luna Kasih Dukungan ke Jessica Wongso: Gue Pernah Merasakan di Posisimu

Dokter Djaja sebelumnya mengatakan jika hasil dari pemeriksaan, tidak ditemukan racun sianida di dalam tubuh Mirna. Hal itulah menjadi banyak pertanyak publik.

Kenapa Mirna disebut diracun sianida, padahal di dalam tubuhnya tidak ditemukan racun? Shandy Handika mengatakan, pihaknya telah beberapa kali memeriksa berkas yang diterimanya.

Baca Juga :

Jaksa Bantah Pernyataan Dokter Djaja yang Sebut Warna Jenazah Mirna Salihin Biru

Sementara itu, ia mengatakan jika memang di dalam gelas kopi yang di minum Mirna ada kandungan racun sianida. Namun, di tubuh Mirna hanya ada 0,2 mg racun sianida.

https://www.youtube.com/watch?v=h9Fh3NMA4pY

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kopi Sianida tahun 2016, Shandy Handika

Ia juga membeberkan soal bagaimana proses si barista membuat kopi Vietnam itu hingga sampai di meja Jessica. Saat itu, kata Shandy, racun sianida belum masuk ke dalam kopi.

“Artinya, dari awal sampai dengan penyajian itu belum ada racun,” kata Shandy, dikutip dari tayangan YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Selasa, 10 Oktober 2023.

Baca Juga  Pengaruh Kebijakan Impor-ekspor Terhadap Neraca Perdagangan

Shandy mengatakan, pihaknya menilai tahap demi tahap setiap orang yang bersingunggan dengan kopi Vietnam itu, ditelusuri. Tidak hanya gerak-geriknya saja, tapi juga profilnya dicari.

Dari CCTV yang terlihat, Jessica menggerakkan paper bag. Pada berita acara, awalnya Jessica tak mengakui jika paper bag di letakkan di depan. Setelah diperlihatkan, kata Edward Omar menambahkan, Jessica tak berkutik.
Shandy mengungkap jika ada gerakan mencurigakan dari tangan Jessica. Meski begitu, tidak terlalu terlihat jelas di CCTV.

“Tidak terlihat jelas, tapi ada gerakan itu. Kemudian ada gerakan lagi tanggannya balik ke atas meja ada gerakan. Setelah itu papper bag dipindahkan ke belakang,” ungkap Shandy.

Dia mengatakan ada sekitar 9 CCTV yang diperiksa. Kemudian dua digital forensic diterjunkan untuk memeriksa apakah CCTV itu ada potongan atau tidak.

Dia semakin yakin bahwa bukti yang diterima itu kuat, karena menghadirkan dua ahli di masing-masing bidang ilmu. Dua digital forensic, dua orang toksikologi, kedokteran forensic dua orang, psikolog dua orang dan ahli pidana dua orang.

Edward Omar Syarif Hiarej selaku Wakil Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia

Edward Omar Syarif Hiarej selaku Wakil Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia

Photo :

  • YouTube Curhat Bang Denny Sumargo

Dua ahli toksikologi kemudian memeriksa kapan sebenarnya racun sianida itu masuk ke dalam kopi. Dengan menggunakan metode yang berbeda, namun hasilnya sama. Ada racun sianida di dalam kopi ketika sudah di atas meja. 

Kemudian Edward menegaskan, orang yang berhak mengeluarkan pernyataan soal ada sianida di dalam tubuh itu orang yang melakukan autopsi.

“Jangan ditanya kepada orang yang tidak melakukan pemeriksaan. Jadi kalau mayat Mirna di autopsi, apa yang didapatkan dalam tubuh Mirna, ya ditanyakan kepada dokter yang melakukan autopsi bukan orang lain yang tidak melakukan autopsi,” jelasnya. 

Baca Juga  Dimas Seto dan Dhini Aminarti Ajak Puluhan Artis Olahraga Lari dan Donasi

“Karena nilai pembuktian orang yang tidak melakukan autopsi itu sama dengan orang yang cerita di pinggir jalan,” imbuhnya.

Padahal, dalam obrolannya dengan dokter Richard Lee, dokter Djaja mengatakan jika ia ahli racun sianida. Jadi ia tahu betul ciri-ciri racun tersebut, dan bagaimana dampak jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Halaman Selanjutnya

Source : YouTube Denny Sumargo

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *