Di Sidang Kabinet BMKG Ingatkan El Nino Bisa Berdampak Karhutla Mirip 2019

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan adanya potensi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla pada masa kemarau kering akibat El Nino saat ini.

“Ada, potensi karhutla ada, seperti tahun 2019 kan juga banyak spot-spot ya, titik-titik api,” kata Dwikorita dijumpai usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna membahas Rancangan APBN 2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Dwikorita mengatakan jika dilihat dari perhitungan anomali suhu muka air laut, El Nino di Indonesia levelnya relatif lebih lemah dibandingkan negara-negara lain.

“Nah kalau membayangkan Indonesia akan seperti apa, kurang lebih akan seperti kekeringan di tahun 2019. Ya 2018, 2019. Ya seperti itu kurang lebih, tapi tidak separah di tahun 2015, saat itu kan karhutlanya sangat luas ya. Jadi (seperti) 2019 itu kurang lebih yang akan kita alami,” katanya.

Iklan

Dwikorita menekankan karena pemerintah sudah menyiapkan antisipasi, diharapkan dampak karhutla tidak akan melebihi seperti tahun 2019. “Semoga dengan kesiapan yang lebih, semoga tidak separah 2019,” ujar Dwikorita Karnawati.

Pilihan Editor: Lampung Catat 1.253 Titik Panas hingga Juni, Luasan Karhutla Meningkat

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Losergeek.org.co di kanal Telegram “Losergeek.org.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Sandiaga Uno Ungkap Jokowi Batuk Sudah 4 Minggu, Diduga karena Polusi Udara Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *