Berita Barcelona: Xavi Hernandez Bicara Ousmane Dembele dan Evaluasi Laga Pramusim

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengaku kecewa dengan kepergian penyerang sayap Ousmane Dembele ke klub Ligue 1 Prancis Paris Saint Germain (PSG). Dilansir dari Marca, Rabu, 2 Agustus 2023, Xavi mengaku kecewa meski pihak Barcelona sudah mencoba cara untuk memberikan tawaran yang akan menyaingi proposal PSG.

“Saya sedikit kecewa dengan Dembele. Kepergiannya memberikan kesan buruk buat saya karena kami memperlakukannya dengan baik di sini jadi saya berfikir dia bahagia disini dan melanjutkan kiprahnya bersama kami,” kata Xavi.

PSG saat ini dilaporkan tengah mengaktifkan klausul pembelian Dembele dari Barceloana. Pihak Dembele juga telah mencapai kesepakatan secara personal untuk berseragam Le Parisiens pada musim ini. “Saya telah mencoba meyakinkan Dembele untuk bertahan tapi dia telah berbicara kepada saya bahwa telah melakukan pembicaraan dengan Luis Enrique (Pelatih PSG) dan Nasser Al-Khelaifi (Presiden PSG),” kata Xavi.

Ousmane Dembele didatangkan Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun 2017 lalu. El Barca harus merogoh kocek sebesar 135 juta poundsterling untuk memboyong pemain tim nasional Perancis itu dari Borussia Dortmund. “Ini sudah mencapai kesepakatan final dan ini merupakan keputusan pribadinya. Siapa pun yang tidak ingin berada di Barca, kami harus membiarkannya pergi,” ujar Xavi.

Dembele, 26 tahun, telah mencatatkan 127 penampilan dan 26 gol selama berseragam Blaugrana. Namun Culers, sebutan fans Barcelona kerap menghujat performa Dembele karena sang pemain kerap menepi dari lapangan karena cedera.

Dengan dana transfer dari Dembele, Barcelona akan menargetkan bek sayap Manchester City Joao Cancelo yang belum mencapai kesepakatan bertahan di Stadion Etihad usai masa peminjamannya habis dari Bayern Muenchen. “Dengan kepergian Dembele, kami menginginkan penandatanganan pemain di bek kanan saat ini,” kata Xavi.

Baca Juga  Pemilu Presiden Langsung Melahirkan Politik Kosmetik yang Mahal

Pemain Barcelona Ousmane Dembele. REUTERS/Juan Medina

Bagaimana evaluasi laga pramusim Barcelona?

Meski pusing dengan keputusan Dembele, Xavi mengaku puas dengan kemenangan 1-0 atas AC Milan pada laga pramusim di Allegiant Stadium, Las Vegas, Amerika Serikat. Menurut dia, pertandingan melawan Milan adalah laga terbaik timnya selama laga pramusim.

Iklan

Satu-satunya gol Barcelona pada laga itu dicetak oleh Ansu Fati melalui sepakan keras yang gagal dihalau Mike Maignan pada menit ke-55. 

Sebelumnya, Barca telah melakoni tiga pertandingan pramusim yaitu saat menang 2-0 atas Vissel Kobe pada 6 Juni, kalah 3-5 dari Arsenal pada 27 Juli, dan menang 3-0 atas Real Madrid pada 30 Juli. “Itu adalah permainan terbaik dari tur pramusim. Kami telah melihat Barca yang hebat,” kata Xavi.

Menurut pelatih 43 tahun itu, permainan anak asuhnya saat melawan Rossoneri meningkat daripada laga-laga sebelumnya. “Kami tidak bermain bagus saat melawan Arsenal, tapi permainan kami meningkat saat melawan Real Madrid dan hari ini kami melihat Barca yang hebat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Xavi juga memuji salah satu rekrutan baru yaitu Oriol Romeu yang didatangkan dari Girona. Pada laga itu, Romeu tampil sejak awal selama 80 menit sebelum digantikan oleh Marc Casado. “Dia perfeksionis, dia memiliki temperamen yang baik dan tampil baik saat menyerang maupun bertahan. Dia adalah rekrutan yang hebat,” kata Xavi kepada mantan pemain Southampton itu.

Adapun, laga melawan Milan bukan laga terakhir Blaugrana untuk persiapan menjalani musim 2023/2024. Pasalnya, mereka masih akan melakoni satu pertandingan lagi melawan Tottenham Hotspur dalam ajang Trofi Joan Gamper di Stadion Olimpiade Lluis Companys pada 9 Agustus.

Baca Juga  Panas, Kabagops Polrestabes AKBP Toni Bentak Wakil Wali Kota Surabaya saat Eksekusi Rumah

Pilihan Editor: Piala Dunia U-17 2023: FIFA dan PSSI Bahas 2 Usulan Ini Usai Inspeksi Stadion Selesai



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *