Aspirasi Kader PSI Ingin Kaesang Jadi Ketum Irasional, Pengamat: Ibarat Politisi Karbitan

Senin, 25 September 2023 – 11:22 WIB

Jakarta – Langkah Putra bungsu Presiden RI Jokowi Kaesang Pangarep yang gabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus jadi sorotan. Apalagi kabarnya Kaesang bakal diplot sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha.

Baca Juga :

Dukungan Demokrat kepada Prabowo Dinilai Tak Ubah Bursa Cawapres dan Peluang AHY Kecil

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menyoroti omongan elite PSI seperti Grace Natalie bahwa ada aspirasi kader agar Kaesang jadi Ketua Umum. Bagi dia, aspirasi itu mengagetkan karena Kaesang baru gabung PSI dalam hitungan hari.

“Aspirasi DPW dan DPD PSI itu tentu mengagetkan dan irasional. Sebab, Kaesang yang baru saja bergabung ke PSI sudah ingin didapuk menjadi ketum,” kata Jamil, dalam keterangannya, Senin, 25 September 2023.

Baca Juga :

Mardiono Diminta Tuan Guru NTB Jaga Kedamaian Jelang Pemilu 2024

Dia menyebut dalam rekam jejak politik, Kaesang belum diketahui prestasinya. “Kaesang juga belum terdengar prestasinya. Kariernya di dunia bisnis juga tidak moncer,” ujar Jamil.

Baca Juga :

Mahfud MD: Indonesia Butuh Generasi Emas dari Pesantren, Namun Pemimpin yang Jujur

Bagi dia, aspirasi kader PSI itu juga irasional lantaran Kaesang sama sekali belum punya pengalaman di dunia politik.

“Semakin irasional, karena Kaesang sosok yang sama sekali belum punya pengalaman di dunia politik. Kaesang ibarat politisi karbitan yang sangat belum layak menjadi ketum,” tutur Jamil.

Lebih lanjut, dia mempertanyakan sistem karir di PSI. Ia menyindir PSI yang belum punya sistem karir berjenjang untuk setiap kader.

Kalau hal itu nantinya terjadi, maka sistem karier di PSI layak dipertanyakan. Partai ini terkesan belum punya sistem karier berjenjang untuk setiap kader,” lanjutnya.

Baca Juga  Sherina Munaf Keceplosan Spoiler Petualangan Sherina 2, Reaksinya Bikin Ngakak

“Siapa saja bisa loncat jadi pimpinan selama itu dikehendaki,” ujarnya.

Kaesang Pangarep gabung dengan PSI

Dia menganalisa PSI sebagai parpol yang belum dikelola dengan manajemen modern.

“Karena itu, kalau Kaesang nantinya jadi ketum PSI bukan karena kapasitasnya tapi karena partai itu memang dikelola tanpa manajemen yang jelas,” tutur Jamil.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie menyampaikan, sejak Kaesang bergabung sebagai kader, muncul sejumlah aspirasi di internal PSI. Kata dia, aspirasi itu terkait keinginan banyak kader  yang ingin Kaesang bisa jadi Ketua Umum DPP PSI.

Grace menyebut aspirasi itu berasal dari jajaran kader PSI tingkat DPW hingga DPD. 

“Setelah Mas Kaesang kemarin jadi anggota PSI, banyak aspirasi dari DPW dan DPD PSI agar Mas Kaesang jadi Ketua Umum,” kata Grace kepada wartawan, Minggu, 24 September 2023.

Adapun Jubir PSI sekaligus Ketua DPP PSI Sigit Widodo menanggapi kabar Kaesang yang diplot jadi Ketum PSI. Dia menyebut status Kaesang hingga per Minggu kemarin, masih kader biasa. Ia bilang Kaesang belum memiliki jabatan struktural di PSI.

“Dan, belum menduduki jabatan struktural di PSI. Tentu saja PSI akan memberikan posisi yang sepantasnya untuk Bro Kaesang. Posisinya bisa apa saja, kita tunggu saja perkembangannya,” kata Sigit saat dikonfirmasi VIVA, Minggu, 24 September 2023.

 

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, dia mempertanyakan sistem karir di PSI. Ia menyindir PSI yang belum punya sistem karir berjenjang untuk setiap kader.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *