Apakah Kamu Alami Obesitas? Yuk Cek di Sini

Senin, 14 Agustus 2023 – 18:19 WIB

JAKARTA – Angka kasus obesitas atau kelebihan berat badan di Indonesia mengalami peningkatan drastis. Menurut Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, kasus obesitas di Indonesia memang mengalami kenaikan setiap tahun.

Baca Juga :

Penis Mini Tanda Anak Idap Obesitas, Berbahayakah?

Berdasarkan data Riskesdas tercatat kasus obesitas ada sekitar 15,3 persen. Sementara jika mengacu pada data Riskesdas 2018, kasusnya meningkat menjadi 21,8 persen. Jika tidak ditangani dengan baik, akan ada banyak penyakit yang bisa dialami pasien obesitas mulai dari masalah kardiovaskular, hingga diabetes.

Lantas kapan seseorang bisa disebut overweight? Terkait hal tersebut, spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK angkat bicara. Dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 14 Agustus 2023 mengatakan, seseorang yang disebut obsesitas jika perbandingan antara berat badan dengan tinggi badan dalam m2 hasilnya di atas 23.

Baca Juga :

KPK Bujuk Lukas Enembe Hidup Sehat, Tak Jorok Lagi di Rutan

“Atau paling mudah dari lingkar perut, meski dia memiliki berat ideal tapi jika laki-laki lingkar perutnya lebih dari 90 cm dan perempuan lebih dari 80 cm dia obesitas,” kata dia.

Baca Juga :

9 Tips Menurunkan Berat Badan yang Benar dan Efektif

Lebih lanjut diungkap Putri Sakti bahwa untuk menurunkan berat badanpaya utama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pola makan seperti defisit.

“Upaya dapat dilakukan dengan aman untuk bisa turunkan berat badan itu, 80 persen dari makanan, defisit kalori itu kita utamakan. 20 persen dari olahraga,” kata dia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *