Anies soal Pertanyaan Sulit Gibran ke Cak Imin: Bisa Dijawab Google

Sabtu, 23 Desember 2023 – 00:30 WIB

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan merespons soal pertanyaan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka yang membuat bingung wakilnya, yakni Muhaimin Iskandar. 

Baca Juga :

Momen Gibran Tanya Cak Imin Soal SGIE dan Ditanya Balik: Maaf Kalau Pertanyaannya Sulit

Adapun diketahui, pertanyaan Gibran mengenai SGIE kepada Muhaimin atau Cak Imin, membuatnya bingung dan tak mengerti arti dari SGIE. 

“Jadi ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis, pada level ini bisa dijawab dengan Google sebetulnya. Karena yang dibutuhkan dalam tingkat kepemimpinan nasional adalah hal-hal yang subtantif,” ujar Anies kepada awak media di JCC, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023. 

Baca Juga :

Anies Diadukan ke Bareskrim Atas Dugaan Penistaan Agama karena Pakai Akronim Amin

Anies menilai, dari pertanyaan yang dilontarkan oleh Gibran itu sebetulnya sah-sah saja. Namun, terkait kualitas dari pertanyaan itu dia menyerahkannya kepada masyarakat.

Cawapres 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertanya ke Cawapres Gibran

Baca Juga :

Gibran Rakabuming Sampaikan Terima Kasih ke Prabowo Diajak jadi Cawapres di Pilpres 2024

“Menurut saya, sebagai pertanyaan itu sah. Tetapi publik bisa menilai, kualitas pertanyaannya adalah kualitas pertanyaan aspek technicality, bukan aspek substansi,” jelasnya. 

“Padahal, makin tinggi posisi makin berfokus pada substansi. Dan di tingkat kepemimpinan nasional itu pada tingkat substansi,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, momen menarik dalam debat cawapres perdana pada Jumat malam, 22 Desember 2023. Momen itu saat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengajukan pertanyaan ke cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Pertanyaan yang diajukan Gibran yaitu langkah Cak Imin dalam menaikkan peringkat Indonesia di State of the Global Islamic Economic (SGIE). Gibran menyampaikan pertanyaan itu karena status Cak Imin sebagai Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga  Sandiaga Uno Sebut Mesin Politik PPP Sudah 'Gercep', 'Geber', dan Sekarang 'Gaspol'

“Saya yakin sekali Gus Muhaimin paham sekali untuk masalah ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?” tanya Gibran dalam debat cawapres perdana di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Cak Imin pun merasa bingung dengan pertanyaan Gibran.

“Apa?” tanya Cak Imin sambil menulis di kertas.

“SGIE,” jawab Gibran “Terus terang saya SGIE gak paham. SGIE itu apa?” sebut Cak Imin.   

Moderator Alfito Deannova pun meminta Cak Imin untuk tak melanjutkan pertanyaan ke Gibran. “Setop, setop. Ada lagi pertanyaan?” tutur Alfito.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, momen menarik dalam debat cawapres perdana pada Jumat malam, 22 Desember 2023. Momen itu saat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengajukan pertanyaan ke cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *