5 Negara Penanam Modal di Negara Israel

Kamis, 16 November 2023 – 06:00 WIB

VIVA Dunia – Israel merupakan, salah satu ekonomi maju di dunia yang menurut Bank Dunia diklasifikasikan sebagai negara berpenghasilan tinggi. Pasar yang kuat dan mampu bertahan dalam periode krisis, menjadi alasan beberapa negara menjadi investor terbesar untuk Israel.

Baca Juga :

Para Pengacara Ajukan Kasus Serangan Israel Bombardir Palestina ke Pengadilan Kriminal Internasional

Terlepas dari tantangan geopolitik regional, sebuah wilayah yang berdiri di persimpangan tiga benua-Asia, Eropa dan Afrika ini ternyata masih menarik bagi sejumlah investor. Ekonomi Israel memasuki tahun 2023 dengan surplus transaksi berjalan, rasio utang terhadap PDB yang rendah, dan cadangan devisa yang tinggi.

Baca Juga :

Penderitaan Rakyat Palestina Hadapi Agresi Israel Makin Memburuk: Cuaca Dingin hingga Hujan Lebat

Meskipun aktivitas ekonomi tetap meningkat, perlambatan ekonomi global dan agitasi terhadap reformasi peradilan di pertengahan tahun mulai berdampak pada investasi dan pertumbuhan ekonomi Israel.

Menurut laporan Start-Up Nation Policy Institute (SNPI), investasi kumulatif pada H1 2023 berjumlah USD3,7 miliar, turun 68% dibandingkan dengan H1 2022. Sementara penurunan investasi di sektor teknologi tinggi adalah bagian dari tren global, besarnya penurunan ini sekarang bisa jauh lebih besar dengan dimulainya perang pada Oktober 2023.

Baca Juga :

Terpopuler: Diajak Mabuk Malah Fortuner Hilang, Kakak Beli Rubicon Rafael Alun Takut Diomelin Istri

Berdasarkan data International Monetary Fund (IMF), Israel menerima foreign direct investment (FDI) atau investasi asing langsung pada 2021 sebesar USD226 miliar untuk total keseluruhan, menempati peringkat 32 besar di skala global. Berikut daftar 5 besar investor atau penanam modal terbesar Israel:

Amerika Serikat (AS) menjadi investor dengan nominal investasi langsung USD51 miliar pada 2021 yang jika menggunakan kurs rupiah saat ini setara dengan Rp793,3 triliun (Kurs Rp15.556 per USD).

Baca Juga  Inilah Makanan Penambah Berat Badan Bayi Sesuai Umur

Sejak penandatanganan Perjanjian Perdagangan Bebas AS-Israel pada tahun 1985, ekonomi Israel telah mengalami transformasi dramatis, bergerak dari ekonomi manufaktur dan pertanian kelas bawah yang dilindungi menuju ekonomi yang beragam, terbuka, dan dipimpin oleh sektor teknologi mutakhir.

2. Kepulauan Cayman

Ilustrasi transaksi uang.

Ilustrasi transaksi uang.

Cayman Island adalah salah satu pusat keuangan terbesar di dunia dan surga pajak yang terkenal, wilayah luar negeri Inggris di Karibia ini memiliki lebih banyak bisnis terdaftar dibandingkan jumlah penduduknya.

Wilayah ini terkadang dikritik sebagai surga bagi para penghindar pajak, Kepulauan Cayman sempat tersandung kasus Paradise Papers pada 2027, yang mengungkap transaksi keuangan para politisi, selebritas, perusahaan raksasa, dan pemimpin bisnis untuk menghindari pajak. Kepulauan Cayman sepanjang 2021 disebutkan masuk dalam lima besar investor Israel dengan kucuran dana mencapai USD19,9 miliar.

3. Belanda

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini ternyata menjadi investor kepada Belansa sebesar USD12,7 miliar.

4. Luxembourg

Negara yang menempati posisi pertama di dunia dengan PDB atau pendapatan perkitanya, ternyata menjadi penanam modal di Israel dengan jumlah USD7,8 miliar.

5. Kanada

Negara tetangga Amerika serikat juga menjadi Investor sebesar USD7,4 miliar kepada negara Israel.

Negara lain yang tergolong sebagai investor utama di Israel adalah Singapura, China, Inggris, Swiss, Jerman, dan Jepang. Secara kumulatif, 11 negara yang disebut di atas menyumbang sekitar 52% dari total investasi asing yang diterima Israel pada 2021. Kemudian 48% sisanya berasal dari negara-negara lain serta sumber yang dirahasiakan.

Halaman Selanjutnya

1. Amerika Serikat

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *